Senin, 25 Januari 2016

[#4TahunKEB] Emak Blogger Menulis Untuk Perubahan Yang Dinamis Dalam Perbedaan Yang Manis

Bismillah...
Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat milad ke-4 untuk Kumpulan Emak Blogger, usia empat tahun adalah usia tumbuh kembang komunitas yang cukup untuk semakin berkembang. Semoga memasuki usia ke lima Kumpulan Emak Blogger menjadi lebih baik dan menginsipirasi.


Founder dan Makmin Kumpulan Emak Blogger
Gambar di ambil di sini

Tak terasa saya sudah bergabung di Kumpulan Emak Blogger selama empat tahun, walaupun dua tahun terakhir ini saya sangat jarang online di dunia maya karena kesibukan di dunia nyata.
Tetapi saya masih sering stalking aka membaca info apa yang terjadi saat ini terutama di beranda Kumpulan Emak Blogger di linimasa twitter.
Saat ini saya hanya memiliki dua sosmed, twitter dan blog pribadi. Di twitter saya sering membaca berita yang terkini. Dan di blog  saya menulis sesuatu yang menurut saya bisa di kaitkan dengan nikmat hidup yang telah di berikanNya hingga hari ini.
Dan di milad yang ke-4 Kumpulan Emak Blogger, saya ingin berpartisipasi mengikuti salah satu dari beberapa event yang di adakan oleh eMaks admin...#DoaYangKuenceengBiarMenang ...^_^

Menjadi seorang ibu adalah sebuah keniscayaan bagi perempuan. Setelah menikah tentu yang di harapkan selanjutnya adalah hadirnya anak-anak yang lahir dari hasil buah cinta dengan suami. Lahirnya anak-anak, amanahNya yang di titipkan kepada kita (ibu) adalah sebuah anugerah yang bisa menjadi berkah atau musibah.
Menjadi ibu saat ini adalah sebuah sekolah kehidupan yang pelajaran nya adalah anak-anak dan keluarga. Sebagai ibu yang selalu di rumah saya perlu banyak belajar bagaimana mendidik, mengajarkan dan membimbing anak-anak sesuai dengan standar keinginan yang memberikan nikmat hidup di dunia, Allah Yang Maha Pencipta. Tidak mudah, itulah yang saya rasakan karena berita tentang kekerasan terhadap anak dan perempuan sering kita baca. Hal tersebut tentu membuat kita sebagai ibu harus waspada dan tekun berdoa. Yach, ketika ikhtiar untuk melindungi anak-anak dari hal-hal yang tidak baik sudah kita lakukan. Selanjutnya adalah kita pasrahkan dengan berdoa kepada Allah Yang Maha Menjaga. #Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Adanya Kumpulan Emak Blogger bagi saya adalah salah satu tempat untuk belajar menjadi seorang ibu . Sebagai sebuah komunitas yang anggota nya adalah para emak yang mempunyai anak dan mengurus keluarga, Kumpulan Emak Blogger memberikan banyak informasi yang diperlukan dan di butuhkan seorang ibu untuk belajar. Informasi yang dimiliki para emak blogger dan  di bagikan di blog mereka bisa menambah pengetahuan serta ilmu baru bagi emak aka ibu lainnya yang membaca.
Hanya dari sebuah tulisan yang di tulis di era digital bisa dinikmati oleh semua orang di dunia maya. Dan Kumpulan Emak Blogger memberikan wadah sarana bagi para emak yang suka menulis untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan nya tentang keseharian aktivitas para emak bersama anak dan keluarga nya.


"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama  ia tak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah".
[Rumah Kaca hal 352 ; Pramoedya Ananta Toer]

Itulah yang pernah di sampaikan oleh penulis produktif negeri ini yang menulis dengan gaya surealis tentang apa yang terjadi dan dilihatnya, mbah Pram. Motivasi yang tertulis dalam salah satu buku mbah Pram tersebut bisa menjadi semangat buat para emak khususnya saya untuk menulis. Yach, menulis yang bagi saya saat ini adalah sesuatu yang sangat tidak mudah untuk di kerjakan. Karena aktivitas sehari-hari  mengurus rumah dan anak-anak, hampir tidak ada waktu bagi saya untuk bisa duduk nyaman di depan PC atau laptop karena anak-anak masih ingin lebih diperhatikan.

"Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis". 
[Imam Al Ghazali]

Semangat menulis dari salah satu ulama besar , Imam Al Ghazali adalah energi bagi para emak khususnya saya yang memang bukan siapa-siapa, hehehe. Menjadi agen perubah adalah tugas bersama, dan seorang ibu adalah pemegang kunci bagi perubahan tersebut. Dari didikan dan teladan seorang ibu yang baik lah akan menghasilkan generasi anak-anak negeri ini yang juga baik.
Dengan menulis yang berisi informasi yang di butuhkan bersama untuk perubahan yang lebih baik, para emak blogger ikut berperan dalam perubahan yang dinamis saat ini. Perkembangan jaman yang pesat di segala bidang, di butuhkan juga informasi yang akurat dan benar untuk para emak  belajar menjadi seorang ibu yang baik dan teladan bagi anak-anak.

Para emak yang bergabung di Kumpulan Emak Blogger berasal dari seluruh Indonesia dan beberapa emak ada yang  tidak tinggal di Indonesia. Berbagai latar belakang asal para emak menambah keragaman tulisan para emak yang bisa di baca di dunia maya. Perbedaan-perbedaan tersebut tentu tidak menjadi soal dan masalah yang besar. Perbedaan yang ada menunjukkan bahwa Indonesia adalah negeri yang aman dan nyaman dengan mayoritas penduduknya adalah muslim. Adanya aturan-aturan yang saat ini diberlakukan oleh pemerintah terkait ITE (Informasi dan transaksi elektronik), bisa menjadi kan para emak dengan latar belakang yang beragam semakin bijak menuliskan  informasi ke wilayah umum yang bisa di baca semua orang.

Dan berkembangnya teknologi di dunia maya dengan beragam fasilitas dan network  saat ini. Bagaikan dua sisi koin yang memberikan gambar yang berbeda. Efek yang di berikan memunculkan beragam inovasi yang memberikan dampak yang positif maupun negatif. Dan bagi seorang muslim, khususnya buat saya pribadi bisa lebih hati-hati menulis dan memberikan tanggapan di dunia maya dengan bijak dan santun.

“Pada hari (kiamat ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. [TQS. An Nur Ayat 24]


Yach, dengan selalu mengingat bahwa tulisan kita ini  bisa dibaca semua orang di dunia maya. Para emak, khususnya saya dengan menulis bisa menjadi agen perubah negeri ini menjadi lebih baik. Walaupun perbedaan itu jelas ada dan kita menyikapinya dengan jiwa ke-emak-an (manis)....^_^

Lomba Blog 4TahunKEBerkarya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...