Selasa, 07 Mei 2013

( Milkstory) Banyak Anak Banyak juga Minum Susu nya....:D

Banyak anak banyak rejekiNya....

Itulah yang saat ini saya alami, lima tahun saya melahirkan empat kali amanahNya. Selisih usia mereka paling lama 22 bulan dan yang paling pendek adalah 18 bulan. Sejak melahirkan anak pertama, setelah selesai ASI eksklusif saya langsung hamil lagi, begitu seterus nya sampai kehamilah anak yang ke-4.
Karena sedang mengandung lagi, ASI saya dengan sendiri nya tidak mau keluar, dan mulai lah anak-anak minum susu bukan ASI.

Susu yang sudah tersohor banyak manfaatnya  buat tubuh, memang mempunyai nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak terutama balita. Minum dua gelas susu setiap hari memberikan jumlah vitamin D dan zat besi yang cukup kepada balita. Bagi balita, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang diperlukan untuk mengembangkan tulang. Vitamin D juga dapat membantu mencegah penyakit autoimun, pernapasan dan kardiovaskular. Sementara zat besi dibutuhkan untuk perkembangan otak balita. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan dapat mengganggu pengembangan keterampilan fisik dan mental anak.

Masih ingat saya obrolan suami dengan tetangga yang pernah tinggal 27 tahun di Arab Saudi.
" Duluuu, waktu bapak ikut pertandingan sepak bola antara orang Indonesia dengan Orang Arab Saudi....tahu ga berapa skor nya....10 - 0", cerita pak Haji dengan suara nya yang khas (suara tenor nya yang membahana)
" Tahu ga itu karena apa...karena mereka  terbiasa sarapan nya daging dan SUSU", jelas pak Haji.

Yach, dari cerita pak Haji jelas sekali bahwa susu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan badan kita.

Oia, Alhamdulillah karena selalu minum susu anak-anak tumbuh sehat, walaupun tidak subur (baca. gendut). Mereka jarang sakit dan sampai hari ini belum ada yang  menginap di rawat intensif karena sakit tertentu, Alhamdulillah.

Si sulung, Fathin. Sekarang umur nya 6 tahun 2 bulan, sudah sekolah di TK B.

Kakak Fathin
Foto Dokumentasi Pribadi

Nomor dua, Farras. Sekarang umur nya 4 tahun 8 bulan, sudah sekolah di TK A.

Farras
Foto. Dokumentasi pribadi


Nomor tiga, Raza. Sekarang 2 tahun 10 bulan, sudah sekolah di Playgroup kecil

Raza
Foto. Dokumentasi pribadi


Dan (baru) nomor empat, Faishal, sekarang 15 bulan.

Faishal
Foto. Dokumentasi pribadi


Mengapa minum nya susu sapi?

Iya, kenapa bukan susu yang bisa di peroleh dari selain binatang sapi. Seperti kambing, unta, domba, kuda , keledai dan yak.  Jawab nya sederhana saja, salah satu nya karena faktor ekonomi, susu sapi yang sudah diolah menjadi susu bubuk dan susu UHT mudah didapatkan di toko-toko/supermarket/minimarket. Harga nya terjangkau, dan banyak pilihan harga nya tergantung kemampuan finansial kita. Selain itu faktor warisan budaya, kebetulan orang tua suami di rumah nya dulu pernah memelihara beberapa (6-7) ekor sapi perah. Suami tahu dan melakukan sendiri  proses mencari pakan (ngarit), memberi makan, memerah sampai membersihkan sapi di rumah nya. Hal ini mempengaruhi mindset di  kepala suami, kalau susu dari sapi lah yang paling bagus selain susu ASI, dengan catatan anak-anak tidak alergi dengan susu sapi. Alhamdulillah, anak-anak saya baik-baik saja ketika minum susu sapi.



Chocolate Milk's our favourite

Entahlah, saya sendiri tidak bisa menjawab nya. Karena saya pun juga lebih suka susu rasa coklat bukan susu murni warna putih itu.
Alhamdulillah ternyata satu gelas susu coklat hanya mengandung 2 - 7 mg kafein, jumlah yang sama seperti yang terdapat pada secangkir kopi decaf (non kafein). Jumlah yang sangat kecil ini tidak akan memberikan efek yang cukup berarti pada anak. Justru orang tua harus mewaspadai soft drink, yang ternyata kandungan kafeinnya 10 kali lipat lebih banyak dibanding susu coklat.
Untuk kebutuhan susu ini, sebulan saya bisa belanja susu UHT 10.500 ml (10,5 liter) dan susu bubuk 4800 gram ( 6 kotak kemasan 800 gram), WoooW banyaaak ya...
Saya belanja susu UHT kemasan 200 ml sebanyak 40 kotak, untuk bekal sekolah Fathin dan Farras 20 kali pertemuan selama sebulan. Dan susu UHT kemasan 125 ml untuk bekal Raza ke sekolah yang masuk tiga kali seminggu dan sisa nya diminum di rumah.Sedangkan Faishal sampai saat ini masih minum ASI.
Dan, memang anak-anak lebih suka minum susu UHT  rasa coklat, ya hanya rasa coklat. Walaupun dibikin variasi makanan pun harus di tambahkan coklat bubuk agar menjadi rasa coklat lagi, hehehe.



Greenfields, susu yang lezat


Jujur, saya baru tahu ada brand susu greenfields setelah ada pengumuman dimana-mana (online maupun offline) lomba menulis cerita tentang produk-produk nya. Setelah saya cari-cari di supermarket terdekat dari rumah ternyata memang ada, dan jumlah nya tidak begitu banyak.

 Dan  saya pun ambil dua kemasan susu greenfield Hi-Calcium Low Fat dan Choco Malt kemasan 1 liter, setelah sampai di rumah anak-anak pun ingin langsung  meminum nya. Dan pasti yang pertama dipilih adalah susu greenfields Choco Malt karena mereka suka susu rasa coklat.


Saya lihat anak-anak menyukai rasa nya, sampai yang nomor empat pun ingin dan suka rasa nya.
Susu greenfields UHT Choco Malt 1 liter sengaja tidak saya berikan semua (isi nya) kepada anak-anak. Saya sisakan setengah dari ukuran kemasan nya hingga masih ada sekitar 500 ml saja. Malam hari nya, Farras (nomor 2) menghabiskan sisa susu greenfields Choco Malt nya. .Farras memang  biasa melekan, karena tidak tidur siang, habis maghrib bobo dan bangun sekitar jam 20.00 -21.00 WIB.
Ga pa pa lah, mungkin dia mau menemani security komplek yang selalu memukul tiang listrik setiap satu jam sekali setelah jam 00.00 WIB  hehehe

Setelah menghabiskan susu greenfields Choco Malt nya, farras bilang," Susu nya enak maaaa, nanti beli lagi ya"......" Yaaaa, iyaaaa....", Jawab saya.

Untuk susu greenfields Hi-Calcium Low Fat, saya mengolah nya menjadi makanan yang disukai anak-anak keesokan hari nya. Pagi-pagi mereka sudah merengek minta dibikin kan puding coklat kesukaan mereka.
Saya hanya membutuhkan waktu lima menit untuk membuat makanan ini, dan inilah resep nya.





Xprees Coklat puding mBok-e

Bahan : 1 bungkus agar-agar putih
     800 liter susu greenfields Hi-Calcium Low Fat
     150 gram gula pasir
     3 sdm coklat bubuk


Cara Membuat nya:
Masuk kan semua bahan ke dalam panci, nyalakan api yang sedang saja. Adu-aduk perlahan sampai bubuk coklat nya bercampur dengan susu. Kurang lebih lima menit setelah muncul gelembung-gelembung kecil, matikan kompor nya. Siap kan cup-cup ukuran sedang untuk memasuk kan puding ke dalam nya. Setelah selesai simpan ke dalam lemari es. Tunggu sampai puding nya kenyal. Setelah berubah tidak air lagi dan kenyal, silahkan di nikmati.






Alhamdulillah, anak-anak bisa menikmati puding nya segera, saya membuat jam 08.00 sudah kenyal sejam kemudian dan sebelum maghrib sudah habis oleh mereka.
Dan, kesimpulan nya susu greenfields sangat disukai oleh anak-anak saya.



Greenfields susu impor?

Dari nama nya, orang akan mengira demikian (termasuk saya), ternyata itu salah. Susu greenfields diproduksi di malang, tepatnya di desa babadan, Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur. Dengan Quality Control yang ketat oleh ahli dari Australia dan Amerika Serikat ,  setiap tahun supervisor dan manajer dari peternakan ini dipilih untuk menjalani pelatihan intensif di kedua negara itu agar mereka selalu mengikuti beberapa teknik mutakhir di berbagai bidang peternakan dan perusahaan susu modern. Saat ini, peternakan Greenfields memiliki lebih dari 4.000 ekor sapi Holstein yang menghasilkan sekitar 20 juta liter susu murni setiap tahunnya.
Susu greenfields memproduksi tiga jenis produk :
  • Susu Pasteurisasi yang di bagi menjadi empat pilihan : Full Cream, ChocoMalt, Low Fat (Rendah Lemak) dan Skim.
  • Susu UHT yang dibagi menjadi empat pilihan : empat pilihan : Full Cream, ChocoMalt, Low Fat (Rendah Lemak) dan Skim.
  • Krim susu (Whipping cream)
Untuk lebih lengkap nya silahkan mengunjungi langsung di sini

Buat orang tua yang mempunyai anak-anak kecil seperti saya, melihat profil greenfields ini  anak-anak pasti suka, karena video nya menarik dan bagus.



Dan, alhamdulillah susu greenfields ini sudah memiliki sertifikat Halal MUI juga.

Oia, buat teman-teman ikutan yuk. Monggo, tulis review produk-produk nya susu greenfields daftar nya di sini . Hadiah nya seru lho, 3 voucher belanja gratis senilai satu juta dan grand prize family holiday ke legoland Malaysia.

Waktunya masih ada beberapa hari lagi, terakhir pengiriman naskah nya tanggal 19 Mei 2013.
Di tunggu ya teman-teman, siapa tahu saya atau anda yang beruntung mendapatkan hadiah nya.






Sumber Bacaan :

1). Susu. id. wikipedia
2). Jenis Susu yang perlu Anda Tahu. 2012. Intisari Online. com.
3). Kenapa Kita Minum Susu Sapi? . 2012. Nationalgeographic.co.id
4). Manfaat Susu Bagi Balita. 2013. parentsindonesia.com
5). Susu. 2011. produkhalal.or.id
6). www.greenfieldsmilk.com





6 komentar:

  1. wah, mak...reviewnya lengkap. semoga menang ya...

    saya juga penggemar susu UHT, sempet liat merk greenfields, tp blum prnh nyoba.
    katanya sih, susu UHT emg lebih bagus buat anak-anak daripada yg bubuk...

    besok deh, saya coba greenfields...

    makasih mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....:)
      Maturnuwun support nya mak Ovie....<3

      Betuuullll, banyak yg bilang spt itu mak...
      Monggo, dicoba nggih...merk greenfields yg choco malt rasa coklat nya wueeeenaak tenaaan.....qiqiqiqi

      Sami2...

      Hapus
  2. betuuuuuul,,, waktu satu anak susunya buat satu orang, begitu dua anak, nambah lagi susunya ^.~
    sebagai pencinta susu, kebanyang semua makanan ditambahin susu nyeeeeeem nyeeeem nyeeeem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...yuuuk tiap jumat mantengin koran k*mp*s mbak Fit, lihat 'retail market' mana yg sdg ada diskon susu nya....^^

      Hapus
  3. pada lucu semua anak-anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, maturnuwun ya mbak Erin sdh berkunjung ke blog saya...:)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...