Jumat, 09 Oktober 2015

[#CeritaDiBalikBlog] Menulis di Blog : Peluang Yang Tidak Sekedar Uang



Bismillah....
Kali ini saya ikut lagi di acara bagi-bagi hadiah nya  mbak Uniek....:)
Mungkin ini saya ikut giveaway yang ketiga dari sering nya mbak Uniek membuat giveaway buat blogger.

Cerita tentang menulis di blog
Saya mulai tertarik menulis di dunia maya saat baru mempunyai dua anak dengan jaringan internet di rumah yang sangat lancar. Saya memilih platform tak berbayar (pengen yang gratisan, hehehe) yang beberapa tahun lalu mengumumkan diri pailit dan meminta member nya pindah ke platform yang lain.
Betuul, sejak tiga tahun yang lalu saya pilih platform ini untuk melanjutkan corat coret saya di dunia maya.

Awalnya saya menulis untuk sekedar menceritakan apa yang terjadi dengan saya (waduuuh, pe de akut saya hehehe). Tulisan tentang awal menikah, jalan-jalan dengan pasangan 'halal tanpa pacaran', menunggu kehamilan pertama, hamil anak pertama sampai tahap perkembangan anak pertama. Kalau saya membaca tulisan-tulisan yang saya tulis mulai tahun 2008 itu, rasa nya aneh dan berlebihan (lebay banget mbok-e). Kok bisa saya menulis hal-hal yang mungkin bagi teman-teman adalah sepele dan remeh temeh, karena memang yang saya tulis adalah sesuatu yang lazim di alami oleh semua orang.

Tetapi ketika tulisan sederhana yang saya tulis tadi mendapat respon dengan komen dari teman-teman di dunia maya, dan terjadilah obrolan tanpa pernah bertemu dengan teman-teman baru tersebut. Ternyata dari menulis, saya bisa menyambung silah ukhuwah dengan teman baru.

Yach, saat awal menulis di blog. Saya mempunyai beberapa teman-teman (perempuan semua) yang aktif rajin komen tulisan saya. Beberapa ada yang tinggal di luar negeri, ketika teman-teman saya itu kembali ke Indonesia dan meluangkan waktu mengunjungi gubug saya, senang sekali rasa nya. Bahkan ketika suami saya dinas ke luar negeri, teman dunia maya saya tersebut memesan beberapa barang yang hanya ada di Indonesia dan ketika bertemu dengan suami saya menitipkan suvenir khas dari negara tersebut, Masya Allah. Semoga nikmat umur dan rizkiNya masih di berikan kepada kami sehingga bisa bertemu di dunia bukan maya (bertemu langsung), aamiin.

Ketika menulis bisa membuat tebal kantong yang tipis
Tolong abaikan sub judul saya jika di anggap berlebihan, hehehe. Dari menulis di blog, di akhir tahun 2008 saya mulai memasang foto-foto jualan saya di blog. Kebetulan saya mempunyai beberapa teman yang memproduksi barang-barang tertentu, salah satu nya pakaian muslim. Saat itu belum banyak yang jualan di dunia maya. Alhamdulillah, beberapa pembeli dagangan saya dari luar negeri. Antara senang dan bingung, senang karena ada pembeli dari luar negeri dan bingung bagaimana proses  pembayaran dan pengiriman barang nya. Kalau teman-teman melihat (saat itu), enak ya foto-foto dagangan saya banyak yang komen dan akhirnya membeli. Tetapi di balik itu semua, ada perjuangan yang saya lakukan untuk bisa mendapatkan pembeli dan melayani order mereka dengan baik. Dimuulai dari foto-foto produk, kemudian mengedit nya sebelum saya tampilkan. Untuk baju muslim, saya bolak balik ke rumah teman saya yang memproduksi baju tersebut. Kemudian setelah selesai, saya foto kembali dan tunjuk kan ke teman yang membeli. Setelah itu proses packing dan mengirimkan barang nya, jika pembeli saya ada di luar negeri saya harus ke kantor pos atau ke kargo langganan teman-teman yang biasa mengirimkan barang ke luar negeri.
Proses yang tidak sedikit bukan. Dari jualan di dunia maya saya bisa belajar, berdagang tidak sekedar membuat tebal kantong yang tipis mengejar laba, tetapi bermuamalah yang amanah hanya mencari ridlo dan berkahNya. In sya Allah

Ketika tulisan pun bisa menghasilkan uang
Stop ! Jangan berfikiran saya sudah jago dan banyak pengalaman di dunia ad-sense dan bisnis uang dunia maya. Jujur, saya tidak tahu bahkan belum pernah mengikuti pelatihan-pelatihan tentang hal tersebut walaupun sebenarnya saya agak tertarik ingin tahu, hehehe.
Banyak teman blogger yang memang sudah di kenal jago dan aktif menulis sampai mendapat kan pekerjaan di dunia tulis menulis. Jadi semangat menulis kan, dengan menulis bisa ciptakan peluangmu. Kalau saya sendiri, belum rajin menulis. Menulis adalah bonus bagi saya, jika semua pekerjaan kerumahtanggaan sudah saya kerjakan. Menulis bisa menjadi sarana yang bisa menyegarkan kembali pikiran karena lelah melakukan pekerjaan fisik. Mungkin berbeda bagi para jurnalis, menulis adalah pekerjaan utama sedangkan bukan menulis adalah hiburan karena sudah bosan dengan menulis, hehehe.
Menulis dengan bonus uang, beberapa kali (tidak sering ya...) bisa saya dapatkan. Teman-teman blogger yang mengadakan giveaway dengan hadiah pulsa pernah juga membuat gadged saya terisi pulsa karena menjadi salah satu pemenang nya. Dan alhamdulillah,mungkin ini nominal yang paling besar. Tulisan saya di ajang lomba menulis liputan6.com tahun 2013, menjadi pemenang kedua dengan hadiah uang satu juta rupiah.
Alhamdulillah, kok bisa ya hehehe. Melihat jumlah peserta dan tulisan-tulisan mereka, sebenarnya saya tidak pe de untuk ikut berpartisipasi. Tetapi ketika saya membaca tulisan saya yang menang itu, ternyata saya membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh untuk bisa menulis seperti itu. #Halaaah
Tulisan original bukan copy dan paste, tulisan seperti itulah biasa nya yang di sukai para juri lomba menulis.

Ketika tulisan memberikan pesan
Saat ini menulis bagi saya adalah menuliskan sesuatu yang memang tujuan nya  mensyukuri segala nikmatNya (khusus nya kepada saya). Karena saya bukanlah siapa-siapa.


" Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar. Maka jadilah penulis ".
[Imam Al Ghazali]

Dan jika amanah-amanahNya yang saat ini di titipkan kepada saya dan suami membaca tulisan-tulisan saya di blog. Semoga mereka selalu menjadi harapan kami, menjadi penolong kami kelak jika semua amalan kami di alam fanaNya ini sudah terputus.
Aamiin yaa mujibas sailiin....





Giveaway Cerita di Balik Blog

10 komentar:

  1. awalnya gw ngeblog pas malem2 nyasar di salah satu tempat di Jawa Barat.
    awalnya sih iseng aja, eh sekarang malah ketagihan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Y) makasih sudah mampir ke blog ummufathin.com ya om....

      Hapus
  2. Aku juga suka takjub sama temen temen blogger yang bisa menghasilkan banyak rejeki materi dari blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhooo...mbak Pungky kan salah satu blogger yang sering langganan jadi pemenang lomba blog, mgkn teman-teman blogger (saya salah satu nya) ingin tahu juga apa tips nya....:D

      Hapus
  3. Suka dengan kutipan dari Imam Al Ghazali diatas... Maka jadilah penulis...
    Sukses dgn lombanya ya Mbak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...

      Maturnuwun sudah berkunjung ke blog saya, pak...

      Hapus
  4. Mbaaaa.... makasih ya sudah ikut dan ikut lagi GAku. Yuuukkk tetap semangat ngeblog :)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah...maturnuwun sudah berkunjung ke blog saya ya Dumix...^^

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...